December 3, 2022

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

3 Penyebab Malnutrisi yang Harus Diwaspadai

3 Penyebab Malnutrisi yang Harus Diwaspadai

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya malnutrisinya. Bukan hanya karena ketidak sukaan terhadap makanan tertentu dan hanya mengkonsumsi sajian yang sama saja yang akan menjadi penyebab malnutrisi. Keadaan ini pun tidak hanya terjadi pada mereka mereka yang underweight tetapi juga yang terlihat memiliki berat badan berlebih.

Apa Saja yang Penyebab Malnutrisi?

Malnutrisi sendiri adalah kekurangan gizi yang diperlukan oleh tubuh akibat ketidak seimbangannya. Hal ini menyebabkan bahwa penyebab malnutrisi tidak hanya berkaitan pada kekurangan asupan makanan yang bergizi.

Oleh karenanya nutrisi lebih dikenal sebagai kondisi tubuh yang yang mendapatkan asupan cukup namun keadaan nutrisinya tidak seimbang yang dapat diketahui setelah mengalami pemeriksaan laboratorium. Oleh karena itu berbagai hal yang menyebabkan nutrisi adalah sebagai berikut:

  • Kehilangan Fungsi Organ Tubuh yang Digunakan Untuk Mencerna

Semakin bertambah usia seseorang maka fungsi tubuhnya akan semakin berkurang.  Selain dengan tanggalnya gigi serta kehilangan kemampuan untuk mencerna makanan yang yang keras. Dengan keadaan seperti ini tentu saja kemudian akan menjadi kehilangan nafsu makan karena akan mengalami kesulitan untuk.mengunyah.

Oleh karenanya perlu disiasati dengan memberikan asupan yang sesuai dengan kondisi gigi geliginya. yaitu mulailah dengan makanan yang lunak sehingga mudah untuk dikunyah.

  • Asupan Makanan yang Tidak Seimbang

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya malnutrisi adalah mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang.  Pada umumnya orang tersebut hanya mau makan makanan yang disukainya saja tanpa mempertimbangkan kalau bahwa jenis makanan lain juga memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Sehingga dapat menyebabkan malnutrisi yang yang menyebabkan kegemukan jika lebih menyukai makanan yang berlemak serta berkalori tinggi. Atau sebaliknya, menghindari kedua hal tersebut hanya mengkonsumsi makanan lainnya seperti sayur-sayuran.

  • Gangguan pada Saluran Pencernaan

Gangguan menahun pada saluran pencernaan yang tidak teratasi dengan baik juga merupakan salah satu penyebab malnutrisi. Karena bisa saja menyebabkan muntah bahkan GERD. Sehingga penderita cenderung untuk menghindari makanan yang menyebabkan hal tersebut.

  • Menderita Suatu Penyakit

Bagi seorang penderita penyakit tertentu bisa jadi salah satu untuk mengatasinya adalah menghindari makanan tertentu. Padahal bisa saja sajian tersebut termasuk yang kaya dengan gizi sehingga jika dilakukan terus-menerus malah akan meningkatkan kemungkinan ia menderita malnutrisi.

Untuk menghindari hal tersebut tentu saja yang terbaik adalah mencari pengganti dari sumber makanan yang dihindari.. Sebab tujuannya adalah sama, yaitu mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalam sumber bahan makanan tersebut.  Sebab jika sudah terjadi malnutrisi akan lebih sulit untuk memperbaikinya karena bisa jadi mempengaruhi status kesehatannya sendiri.

Kini setelah Anda mengetahui berbagai macam penyebab malnutrisi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahannya yang paling sederhana,  yaitu dengan cara memperkaya sajian sehingga asupan makannya lebih bervariasi.