December 3, 2022

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

4 Jenis Kopi di Indonesia yang Paling Populer

4 Jenis Kopi di Indonesia yang Paling Populer

Indonesia merupakan salah satu negara pembuat dan penghasil biji kopi terbaik. Bahkan, produksi tahunan yg mencapai 600 ribu ton bisa menyuplai 7% kebutuhan kopi dunia. Setidaknya, Indonesia menjadi negara penghasil kopi terbesar dunia, di bawah Brazil dan Kolombia. Tak sedikit pula jenis kopi di Indonesia yang diminati pasar internasional.

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja memiliki cita rasa unik yang tidak meninggalkan rasa asam di mulut. Kopi jenis ini memiliki tingkat keasaman yang rendah. Aroma khas kopi Toraja berasal dari para petani kopi yang masih menggunakan teknik tradisional. Kopi ini menjadi salah satu favorit di dunia pecinta kopi dan merupakan biji kopi dari Sulawesi Selatan.

Beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi Toraja adalah Jepang dan Amerika Serikat karena kegemaran masyarakat di sana pada kopi Toraja. Rasa pahit dan asam pada kopi Toraja biasanya hanya terasa saja.

2. Kopi Gayo

Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo di tengah provinsi Aceh. Kopi gayo merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia bahkan dunia. Kopi ini memiliki rasa yang sangat seimbang yang tidak terlalu kuat atau pahit. Kopi ini juga pernah dinominasikan sebagai kopi terbaik di dunia

Kopi Gayo memiliki tekstur yang lebih encer dan tidak terlalu kental dengan tingkat keasaman yang seimbang. Cocok untuk Anda yang tidak suka kopi asam. Orang Aceh sendiri memiliki cara menyeduh kopi tradisional yang unik. Alih-alih menyeduh, rebus kopi dan air dalam panci hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam segelas susu dan gula.

3. Kopi Flores 

Kopi Flores tidak perlu diragukan rasa nikmatnya. Kekentalan kopi ini relatif pekat, akan tetapi tingkat keasamannya cukup rendah. Berbeda dari kebanyakan jenis kopi yang ada di Indonesia, kopi Arabika Flores dari daerah Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur, punya cita rasa coklat dan vanilla.

Hal tersebut mempengaruhi aftertaste sedikit nutty atau rasa kekacangan setelah menyeruputnya. Amerika merupakan negara ekspor besar bagi komoditas kopi Flores. Kopi ini memiliki cita rasa unik sehingga mudah meraup pasar nasional dan internasional.

4. Kopi Temanggung

Temanggung menjadi salah satu kabupaten penghasil biji kopi terbesar di pulau Jawa. Aromanya relatif unik, yakni aroma tembakau dengan rasa getir pekat yang mendominasi. Tetapi itulah yg menciptakan kopi Temanggung ini sangat autentik dan digemari.

Cita rasa dan karakter yang unik membawa nama biji kopi ini ke pasar internasional. Bahkan pasar ekspornya telah mencapai negara-negara Eropa, Timur Tengah, sampai Amerika Latin.

Jika Anda pecinta kopi, Anda harus mencoba jenis kopi di Indonesia yang sudah mendunia tersebut. Saat Anda menyeduhnya dengan cara yang benar, kenikmatan tiap-tiap biji kopi bisa teras maksimal. Anda pun akan ketagihan karena kopi nusantara yang rasanya lebih segar dan lezat.