December 3, 2022

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

4 Makanan yang Meningkatkan Nafsu Makan Anak

4 Makanan yang Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Masalah anak susah makan tentu tidak boleh disepelekan. Kurangnya asupan gizi dan nutrisi mampu mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Apalagi jika itu terjadi pada masa-masa pertumbuhan golden age. Sebagai salah satu upaya mengatasi kasus anak yang susah makan, orang tua harus mencoba menyajikan makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan berikut ini.

1. Wortel

Manfaat wortel sebagai sumber vitamin dan serat memang tidak bisa dipungkiri. Selain itu, wortel juga bisa menjadi perangsang nafsu makan. Wortel dapat ditambahkan langsung ke sayuran atau dengan mengolahnya menjadi jus. Pemberian jus wortel untuk anak dapat dilakukan 30 menit sebelum makan.

Jus wortel tidak hanya merangsang rasa lapar, tetapi juga mempersiapkan saluran pencernaan untuk asupan makanan besar setelahnya. Selain itu, wortel kaya akan vitamin A, C, D, E, dan K yang sangat bermanfaat bagi anak untuk pemenuhan gizi dan metabolisme.

2. Kacang

Kacang almond, mete, dan kacang tanah dapat diberikan kepada anak-anak yang tak nafsu makan. Menurut beberapa penelitian, kandungan zinc pada kacang menjadikannya makanan yang menggugah selera makan. Selain zinc yang meningkatkan nafsu makan, kacang-kacangan juga mengandung protein, asam lemak, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk anak.

Namun, Anda harus mendampingi anak Anda saat memakan kacang. Seringkali anak tersedak saat memakan kacang. Lebih baik mereka makan dalam pengawasan Anda untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu menu yang merangsang nafsu makan anak karena mengandung probiotik yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah anak Anda kehilangan nafsu makan. Yoghurt tidak hanya meningkatkan nafsu makan, tetapi juga kaya akan kalsium, yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Saat memilih yoghurt, pilihlah rasa yang plain dengan kandungan gula yang rendah. Karena rasa asam di dalamnya sering membuat anak tidak begitu doyan. Tambahkan potongan buah manis jika rasanya masih terlalu asam.

4. Minyak Ikan

Minyak ikan adalah menu yang dapat meningkatkan nafsu makan anak. Menurut penelitian, omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu mengurangi rasa kenyang setelah makan dan  meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kandungan omega 3 pada minyak ikan cocok untuk pertumbuhan otak anak.

Manfaat lain seperti mendukung kesehatan mata, memelihara kerja jantung, dan kaya akan vitamin A dan D. Minyak ikan biasanya dijual dalam bentuk kapsul. Namun ada juga yang menyajikannya seperti obat sirup dengan rasa yang lezat agar anak tertarik mengkonsumsinya.

Sebagai pendamping, susu adalah minuman yang tepat dan bisa meningkatkan semangat makan anak. Susu coklat Milo merupakan menu favorit anak karena rasanya yang lezat. Pastikan anak Anda mengkonsumsi Milo agar pemenuhan gizi tercapai dan si kecil bisa beraktivitas dengan semangat.