July 26, 2021

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

4 Nilai-Nilai Norma yang Dibutuhkan dalam Kehidupan

Nilai-Nilai Norma yang Dibutuhkan dalam Kehidupan

Pengertian norma adalah sebuah aturan yang melekat di dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar untuk mengatur bagaimana manusia bersikap. Di dalam norma tersebut ada perintah, larangan, dan sanksi. Sanksi biasanya dari lingkungan tempat Anda melakukan pelanggaran norma. Berikut ini nilai-nilai norma yang dibutuhkan dalam kehidupan.

1. Norma Agama

Nilai norma yang pertama adalah agama. Di mana Anda sebagai manusia memiliki sumber norma agar dari apa yang menjadi kitab. Di dalam islam tentu kitabnya ialah al-quran. Di mana norma agama ini tidak hanya mengatur hubungan dengan Tuhan, tetapi juga hubungan dengan sesame manusia diatur dengan sedemikian baiknya.

Sebagai umat beragama maka dalam kehidupan sehari-hari Anda harus mentaati perintah Tuhan dan menjauhi larangannya. Tujuan norma agama itu untuk mencapai kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Salah satu contohnya adalah melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing.

2. Norma Hukum

Nilai norma berikutnya adalah norma hukum. Pengertian norma ini berisi aturan untuk mengatur bagaimana bersikap di dalam pergaulan masyarakat. Norma ini diatur oleh badan-badan resmi negara dengan sifat memaksa. Tujuan dari norma ini adalah menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara agar lebih tertib.

Sifat dari norma ini perintah dan larangan. Contoh normanya seperti keharusan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Di mana ada Undang-Undang yang mengaturnya dan Anda bisa dikenakan hukuman sesuai ketentuan berlaku jika tidak mematuhinya.

3. Norma Kesusilaan

Ada norma kesusilaan yang juga menjadi bagian dari nilai norma untuk mengatur hubungan antar nurani manusia. Norma ini akan menggiring Anda untuk melakukan hal-hal baik yang tidak akan menyakiti antar sesama.

4. Norma Kesopanan

Selanjutnya adalah norma kesopanan yang bersumber dari tata kehidupan atau budaya. Norma ini sesuai dengan kebiasaan dari masyarakat tempat Anda tinggal. Norma kesopanan ini berupa cara berbicara, cara bertamu, cara memperlakukan orang lain, dan cara berpakaian sehari-hari. Tujuan dari norma ini agar bisa saling menghargai satu sama lainnya.

Pengertian norma yang dipahami dengan baik akan membantu Anda menjadi manusia yang tidak akan menyakiti siapapun. Keselamatan untuk Anda di dunia dan akhirat jika memahami nilai norma ini dan mengikutinya sesuai aturan yang ada.