October 21, 2021

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

5 Ide Menu Bekal Anak Sekolah agar Tidak Membosankan

5 Ide Menu Bekal Anak Sekolah agar Tidak Membosankan

5 Ide Menu Bekal Anak Sekolah agar Tidak Membosankan

Memenuhi kebutuhan gizi anak perlu dilakukan dengan sebaik mungkin. Tak hanya di rumah, orangtua juga bisa memberikan gizi terbaik bagi anak saat mereka di sekolah. Caranya mudah yaitu dengan membawakan bekal anak sekolah yang terdiri dari menu makanan penuh gizi.

Menu Bekal Anak

Membuat bekal untuk anak sebaiknya tak sembarangan. Pastikan bekal makanan memiliki gizi lengkap dan rasanya enak sehingga anak akan menghabiskannya dengan lahap.

Berikut adalah beberapa ide menu yang bisa dijadikan bekal untuk ke sekolah:

1.     Sandwich

Pilihan menu pertama yang dapat dijadikan bekal ke sekolah adalah sandwich. Makanan ini sangat praktis dibuat dan anak-anak dijamin menyukainya.

Anda bisa menggunakan beragam jenis bahan untuk isian sandwich. Gunakan telur mata sapi atau daging asap sebagai isian. Tambahkan sayur seperti selada dan tomat serta keju untuk meningkatkan nafsu makan anak.

2.     Nasi Goreng Ayam

Menu yang satu ini sudah pasti akrab di lidah anak-anak Indonesia. Selain cocok dijadikan menu sarapan, nasi goreng juga cocok dijadikan menu bekal. Anda bisa membuat nasi goreng dengan campuran bahan yang enak dan bergizi. Misalnya dengan menambahkan potongan daging ayam, wortel, dan kacang polong. Gunakan bahan-bahan yang disukai si kecil agar bekal ini habis disantap olehnya.

3.     Bento Komplit

Tak hanya soal gizi dan rasa, penting juga untuk mempertimbangkan tampilan bekal yang akan dibawa si kecil. Anak biasanya akan lebih bersemangat menghabiskan makanan jika tampilannya menarik. Anda bisa membuatkan bento komplit untuk dijadikan bekal anak sekolah.

Bento merupakan bekal makanan khas Jepang yang terbuat dari menu lengkap mulai dari nasi, lauk, sayur, dan lain sebagainya. Bento dibuat semenarik mungkin dengan cara mengatur makanan menyerupai bentuk-bentuk karakter tertentu. Memang dibutuhkan keahlian untuk membuat bento, namun Anda bisa mulai belajar dengan melihat contoh di internet.

4.     Nugget Ayam dan Sayur

Anak-anak pasti suka makan nugget dengan tekstur garing di luar serta lembut di bagian dalam. Namun, sebaiknya jenis makanan ini tidak diberikan berlebihan untuk si kecil.

Jika memang ingin memberikan nugget, maka Anda bisa mencoba membuat nugget sendiri. Contohnya dengan mengunakan bahan utama daging ayam dan wortel untuk menghasilkan nugget enak sekaligus bergizi.

5.     Pasta

Saat anak susah makan nasi, maka orangtua bisa coba memberinya alternatif makanan lain. Pasta bisa dijadikan pilihan karena makanan ini mudah untuk diolah dan bisa dikreasikan dalam berbagai macam cara. Anda bisa membuat pasta keju atau makaroni schotel yang enak.

Itulah tadi ide-ide menu bekal anak sekolah yang enak dan juga bergizi. Pastikan anak menyukai menu bekalnya sehingga bisa disantap habis. Tak ada salahnya untuk bertanya kepada si kecil menu apa yang ingin dimakan supaya mereka tak menyisakannya.