October 21, 2021

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

5 Manfaat Laporan Keuangan untuk UMKM

Manfaat Laporan Keuangan untuk UMKM

Pencatatan yang terkait dengan keuangan memanglah harus dibuat. Selain mengetahui arus atau perputaran barang, semua aset dan keputusan juga bisa ditentukan dengan baik. Tidak hanya itu, ada berbagai macam manfaat dari pembuatan laporan keuangan ini, terutama untuk usaha kecil atau UMKM. Berikut beberapa manfaat pentingnya membuat laporan keuangan.

1. Manfaat untuk Pengelola

Pengelola dalam hal ini adalah direksi dan segala manajemen yang membantu mengoperasikan jalannya suatu perusahaan. Semua pengelola harus mengetahui mengenai kondisi keuangan yang ada dalam perusahaan. Hal ini dikarenakan dapat berpengaruh pada pengambilan keputusan, evaluasi usaha yang sedang berjalan maupun melakukan budgeting dan kontrol internal. Nah jika anda masih kesulitan danal membuat laporan keuangan ini, maka anda dapat mencari contoh laporan keuangan sederhana yang sering digunakan untuk UMKM. Pasalnya, pengambilan keputusan yang baik dan jernih harus berdasarkan data-data yang dimiliki.

2. Manfaat untuk Investor Maupun untuk Pemilik

Tidak hanya pihak pengelola yang memerlukan laporan keuangan, namun investor dan juga pemilik berhak mengetahui laporan keuangan. Hal ini dikarenakan, bagi investor maupun pemilik informasi yang ada pada laporan keuangan berhubungan dengan risiko yang terkait dengan investasi modal.

Selain itu juga terkait dengan pengambilan keputusan apakah harus menambah modal, mengurangi atau menjual saham. Sedangkan hal penting lainnya untuk investor adalah terkait kemampuan perusahaan dalam membayarkan dividen atau bagi hasil.

3. Supplier

Pihak supplier maupun pemberi hutang jangka pendek juga harus mengetahui informasi dari laporan keuangan yang ada pada suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan informasi dari laporan keuangan akan membantu supplier untuk menentukan jumlah piutang yang diberikan dan jangka waktu.

4. Pemerintah

Pencatatan laporan keuangan juga bermanfaat untuk pemerintah. Adapun manfaatnya adalah dapat menilai suatu perusahaan dalam membayarkan pajak. Oleh karena itu, pencatatan keuangan ini dapat membantu pemerintah dalam membuat laporan pajak bagi setiap masyarakat.

5. Pemberi Pinjaman

Pencatatan laporan keuangan juga penting bagi pemberi jaminan. Pasalnya informasi dari catatan laporan keuangan dapat diketahui kemampuan perusahaan dalam pembayaran hutang beserta bunganya secara tepat waktu. Dengan demikian, adanya catatan laporan keuangan ini juga dapat ditentukan besarnya plafon dan jangka waktu yang diberikan.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat laporan keuangan bagi beberapa pihak yang terkait. Laporan keuangan ini bisa memperlihatkan kondisi suatu perusahaan dalam mengoperasionalkan proses bisnis yang ada. Apakah perusahaan masih bisa dilanjutkan atau perusahaan berhenti beroperasional.