May 28, 2022

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

7 Manfaat Sayuran untuk Anak di Masa Pertumbuhannya

7 Manfaat Sayuran untuk Anak di Masa Pertumbuhannya

Masa pertumbuhan anak harus dipantau dengan baik agar mendapatkan tumbuh kembang terbaik. Penuhi kebutuhan nutrisinya ialah langkah yang paling utama untuk dilakukan. Tidak hanya protein yang dibutuhkan tubuh anak tetapi juga berbagai nutrisi dari sayuran. Berikut ini manfaat sayuran untuk anak yang penting sekali di masa pertumbuhannya.

1.     Kekebalan Tubuh

Sayuran memiliki kandungan yang akan menjaga kekebalan tubuh anak, sehingga risiko terserang penyakit akan lebih minim. Ini tentunya bermanfaat sekali agar tidak mengganggu pertumbuhan anak. Proses penyerapan zat gizi juga akan berjalan dengan optimal setiap harinya.

2.     Mencegah Obesitas

Anda jangan sampai terobsesi memiliki anak super comel dengan berat badan yang tidak terkendali karena ini adalah salah satu masalah kesehatan. Berat badan berlebihan pada anak jelas menandakan anak mengalami obesitas. Jangan sampai kelucuan membuat Anda lupa akan kesehatan anak.

Sayuran yang dikonsumsi dengan kandungan seratnya akan mencegah terjadinya obesitas pada anak. Di mana anak akan merasa kenyang dan mengurangi keinginannya untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

3.     Menjaga Sistem Pencernaan

Anak akan rewel dan tidak nyaman beraktivitas saat mengalami masalah pencernaan. Inilah pentingnya kandungan serat yang tinggi pada sayur untuk membantu menjaga sistem pencernaan anak agar tetap bekerja dengan baik sekaligus menghindari terjadinya berbagai risiko konstipasi.

4.     Lebih Cerdas

Di dalam masa pertumbuhan anak dari usia 1 Sampai 5 Tahun makanan yang dikonsumsi menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi. Nutrisi pada usia 1 tahun penting sekali bagi pertumbuhan fisiknya dan perkembangan otak, sehingga nantinya anak bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Berikanlah sayuran sebagai nutrisi yang dibutuhkan dengan porsi sesuai usia.

5.     Perkembangan Mata

Pertumbuhan anak tentunya membuat semua bagian organnya bisa bekerja dengan optimal seiring pertambahan usia. Sayuran dengan kandungan vitamin A, C, E sangat penting sekali untuk mengoptimalkan perkembangan mata anak. Di mana bisa memberikan perlindungan sel tubuh akan tidak mengalami kerusakan.

6.     Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Jamur merupakan jenis sayuran dengan kandungan protein, vitamin B12, kalsium, zat besi, dan vitamin D. Kandungan ini bagus sekali untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Di mana kalsium yang ada pada sayur akan membantu proses penyerapan zat besi yang penting sekali untuk pembentukan sel darah merah.

7.     Membangun Massa Otot

Sayuran juga menjadi sumber energi bagi anak karena adanya kandungan karbohidrat yang bisa didapatkan dari jenis sayuran biji-bijian. Manfaatnya membantu membangun massa otot yang tentunya penting dalam masa pertumbuhan anak. Selain itu membentuk struktur sel, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, mengatur jaringan dan organ.

Sayuran sudah bisa dikenalkan pada anak saat pertama kali pemberian makanannya atau di awal masa MPASI. Anda bisa memberikan beragam jenis sayuran agar anak tidak pilih-pilih saat mengonsumsinya nanti. Manfaat sayuran untuk anak akan mudah diberikan jika anak tidak menolak untuk mengonsumsinya.