February 3, 2023

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

Apa itu Ekimosis? Bukan Sekedar Lebam Biru Saja Lho!

Apa itu Ekimosis? Bukan Sekedar Lebam Biru Saja Lho!

Apakah Anda pernah mendengar tentang ekimosis?  Suatu gejala dimana akan terlihat warna kebiruan pada daerah kulit tertentu yang tiba-tiba saja. Orang sering menyebutnya sebagai lebam ataupun memar.

Jika Anda memiliki anak kecil tentu akan sering melihat kulitnya mengalami hal tersebut. Untuk mengurangi kekhawatiran simak beberapa ulasan di bawah ini untuk membantu Anda mengatasinya.

Mengenal Ekimosis

Lebam ataupun memar yang cenderung berwarna biru gelap disebut sebagai ekimosis. Anda mungkin sering melihat kemunculannya tiba-tiba padahal tidak demikian.

Umumnya disebabkan karena benturan kecil yang tidak disadari. Karena memang tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga cenderung diabaikan oleh tubuh. Pada penderitanya pembuluh darah kecil yang ada di bawah kulit akan pecah namun kulitnya sendiri tetap utuh.

Lebam ini terjadi karena adanya pendarahan di dalam kulit yang disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah karena benturan yang dapat disebabkan pecahnya pembuluh darah.

Pada umumnya Anda akan melihat perubahan kulit di mana peristiwa ekimosis tersebut terjadi akan cenderung lebar. Darah tersebut akan pecah dan membentuk noktah merah kecil-kecil yang disebut dengan petechiae.

Bagian yang terkena Eskimo Sis ini bisa terjadi dimanapun. Umumnya yang rentan terhadap gesekan atau pun benturan yaitu kaki dan tangan. Bisa juga terjadi pada daerah mata yang dikenal juga sebagai black eye.

Cedera yang terjadi dapat mengakibatkan pembuluh daerah pada bagian kulit tersebut menjadi pecah. Selanjutnya trombosit akan menutup pembuluh darah tersebut sehingga membentuk gumpalan yang ditunjukkan dengan adanya gejala memar.

Pada umumnya ekimosis tidak berbahaya namun ada beberapa penyakit yang menunjukkan gejala memar tersebut. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kekurangan vitamin C dan K
  • Gejala kanker tertentu, misalnya leukemia
  • Penyakit hepar
  • Gejala penyakit kelainan darah seperti hemofilia,
  • Memiliki jumlah trombosit yang sangat rendah atau yang lebih dikenal sebagai trombositopenia
  • Ini juga timbul pada pasien yang mengkonsumsi obat mengencerkan darah atau yang berfungsi untuk menghentikan pembekuan nya seperti warfarin aspirin atau kortikosteroid

Jika Anda sering menemui biru tersebut pada daerah tertentu maka lebih baik berkonsultasi pada  dokter untuk menentukan  penanganan selanjutnya. Sebab jika mengindikasikan tanda-tanda menderita penyakit diatas, maka perlu pengobatan lebih lanjut.

Oleh karena itu hidup sehat serta menjaga pola makan sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang sangat penting. Termasuk di dalamnya selalu beraktivitas sesuai dengan usia serta kesehatan.

Jagalah aktivitas agar terhindar dari risiko terjadinya benturan ataupun gesekan dengan benda lain yang bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya ekimosis.

Kini Anda tidak perlu lagi bingung untuk mengatasi ekimosis. Namun, langkah terbaik untuk saja mencegah terjadinya hal tersebut. Komunikasikan dengan baik kepada buah hati ataupun orang yang memiliki resiko tinggi.