December 3, 2022

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

Espresso adalah Sajian Kopi Ternikmat Dengan Rasa Pahit yang Pekat

Espresso adalah Sajian Kopi Ternikmat Dengan Rasa Pahit yang Pekat

Espresso adalah Espresso merupakan salah satu sajian kopi yang berupa ekstrak biji kopi.  biasanya disajikan dalam dua varian yaitu One Shot dan Double Shot.  jumlah larutannya pun tidak banyak paling sedikit 35 ML dan paling banyak 60 ml.  pasangnya rasanya sangat pahit dan pekat sehingga tidak terlalu banyak orang yang menyukainya.

Kendati demikian banyak pecinta kopi yang memilih untuk meminum Espresso di pagi hari karena rasanya yang begitu strong. Kepekatannya akan membuat semangat semakin lebih baik dan mood naik dengan cepat karena kadar kafein mampu merangsang adrenalin sehingga produktivitas meningkat.

Mengenal Espresso Adalah Base Sajian Kopi

Espresso adalah sajian kopi yang berasal dari Italia dan ditemukan pada tahun 1900-an.  Arti awal katanya adalah secangkir kopi yang diseduh secara cepat.  dengan kepekatan yang tinggi tentu saja larutan ini sangat cocok untuk dijadikan base dari minuman kopi yang lain.

Pada umumnya Espresso dihasilkan dari mesin Espresso yang dapat mengekstrak larutan kopi dengan sangat cepat.  pada umumnya untuk membuat sajian ini tidak diperlukan biji kopi berjenis tertentu. Sekarang baik jenis robusta dan arabika dapat dimanfaatkan untuk membuatnya.

Syaratnya hanya satu yaitu antara rasa pahit manis dan asam seimbang sehingga mengeluarkan cita rasa khas espresso. Sehingga Banyak juga tersedia variasi campuran biji kopi dengan perbandingan tertentu untuk membuat espresso.  sehingga ada juga coffee shop yang cita rasanya sedikit berbeda dibandingkan dengan yang lain.

Campuran jenis bubuk kopi tertentu Bukankah yang memegang peranan penting dalam pembuatan Espresso ini.  pada prinsipnya jika tidak menggunakan mesin Espresso yang berkualitas baik maka tidak akan dihasilkan larutan ekstrak kopi yang yang nikmat ini.

)leh karenanya prinsip kedua adalah menggunakan mesin kopi espresso yang berkualitas tinggi dan mampu mengekstrak larutan kopi dari bubuknya sebaik mungkin.  selain dengan menggunakan biji kopi berkualitas tinggi..

Namun untuk membuat perbedaan kadangkala beberapa coffee shop memiliki perbandingan sendiri antara jenis-jenis kopi untuk membuat espresso.  tentu saja ini sebagai brand awareness bagi pelanggannya. Sehingga lebih bisa menikmati cita rasa Espresso yang sedikit berbeda dibandingkan dengan yang lainnya.

Kemudian yang menjadi pertanyaan Apakah metode penyangraian biji kopi akan menjadi juga salah satu penentu kualitas dari Espresso tersebut. Pada umumnya setiap baristanya dapat menggunakan setiap jenis biji kopi yang ada.

Pembuatan Espresso yang menggunakan biji kopi disangrai dark roast tentu akan menghasilkan larutan kopi yang lebih pekat dan pahit.  sebaliknya dengan biji kopi yang lain terus pasti akan lebih ringan rasanya. Begitu juga jika memanfaatkan biji kopi yang disangrai dengan medium roast  hingga hasilnya akan sesuai dengan selera para pelanggan kopi umumnya.