November 27, 2021

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

Inilah 3 Cara Memilih Susu Formula Bayi

Cara Memilih Susu Formula Bayi

Memilih susu formula untuk anak merupakan tugas yang berat bagi orang tua dan tidak boleh sembarang dalam membeli susu formula untuk anak. Pasalnya susu formula tersebut akan menjadi sumber asupan nutrisi pendamping ASI atau bahkan ada juga yang menggantikan posisi ASI karena alasan faktor kesehatan orang tua. Sekali lagi perlu di tekan bahwa memilih susu formula bukan hal yang bisa di anggap sepele, pasalnya salah ketika memilih susu formula bisa membuat anak tumbuh kembangnya terhambat. Sehingga anak menjadi terlihat ideal secara fisik dan secara kemampuan verbal sedikit tertinggal dari teman-teman sebayanya.

Jika merujuk berdasarkan WHO dan IDAI memberikan anak susu sebaiknya ketika anak sudah berusia 2 tahun tapi karena beberapa alasan sekarang susu formula juga tersedia untuk bayi 0 bulan yang baru lahir. Karena tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif.

Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak

  1. Ketahui Kandunga Nutrisi di Susu Formula

Ini merupakan hal paling utama yang harus di perhatikan orang tua yang sedang mencari susu formula untuk anaknya yaitu memastikan kandungan nutrisinya. Memilih susu formula sebaiknya mengandung ARA, DHA, Probiotik, Prebiotik dan Zat besi yang selain membantu anak tumbuh kembang dengan baik tapi juga menjaga sistem imun anak tetap meningkat. Memilih susu anak sebaiknya juga yang rendah gula agar anak tidak beresiko terserang penyakit obesitas. Cara mengetahui kandungan di susu protein bisa di lihat pada kotak kemasan susu formula yang akan di beli.

  1. Susu Sapi

Sejatinya susu formula itu ada dua yaitu susu sapi dan susu kedelai namun berkembang lagi di mana susu formula juga tidak mengandung laktosa yang mana tinggi akan gula buatan. Tapi untuk anak yang tidak mengalami alergi terhadap susu sapi sebaiknya tetap di berikan susu sapi. Selain mudah di dapatkan di pasar tapi susu sapi lebih tinggi akan protein, karbohidrat serta lemak yang sangat bagus untuk pertumbuhan anak terutama anak yang memiliki aktivitas tinggi. Secara kesehatan susu sapi lebih mudah di cerna oleh bayi di bandingkan jenis susu yang lainnya.

  1. Mengandung Kalsium dan Asam Amino Essensial

Kalsium sangat di butuhkan oleh setiap manusia baik anak-anak hingga dewasa. Pada dasarnya kalsium berguna untuk meningkatkan kekuatan pada gigi anak beserta kepadatan tulang. Tapi selain kedua manfaat tersebut terdapat dua manfaat lainya yaitu menjaga kesehatan jantung dan menjaga struktur rangka tubuh tetap kuat serta sehat.

Sedangkan asam amino berguna untuk membuat tumbuh kembang anak menjadi maksimal mulai dari jaringan otot hingga fungsi otakpun bekerja dengan baik

Secara sederhana itulah 3 point penting memilih susu formula untuk anak. Semoga bermanfaat