February 23, 2024

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

Resep Semur Ayam Manis, Pekat, dan Nikmat

resep semur ayam

Semur ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang telah menjadi favorit di berbagai daerah. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya, manis, dan gurih. Semur ayam terkenal dengan kuah kental yang menggoda selera serta daging ayam yang empuk dan lezat.

Semur ayam memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Hidangan ini dipengaruhi oleh masakan Belanda yang dibawa oleh penjajah pada masa kolonial. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, semur ayam mengalami adaptasi dan variasi di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa variasi populer semur ayam antara lain semur jawa, semur Betawi, dan semur Solo. Jika Anda ingin mencoba membuat semur ayam yang lezat, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
  2. 3 sendok makan minyak goreng
  3. 4 siung bawang putih, cincang halus
  4. 2 siung bawang merah, cincang halus
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 batang serai, memarkan
  7. 2 cm lengkuas, memarkan
  8. 2 sendok teh gula merah, serut
  9. 2 sendok teh kecap manis
  10. 1 sendok teh bumbu masako ajinomoto
  11. 500 ml air
  12. Garam secukupnya
  13. Merica secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan air ke dalam wajan dan biarkan mendidih. Setelah itu, kecilkan api dan masak dengan api kecil selama sekitar 30 menit hingga ayam menjadi empuk.
  4. Tambahkan gula merah serut, kecap manis, dan bumbu masako ayam ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  5. Koreksi rasa dengan menambahkan garam dan merica sesuai dengan selera Anda. Aduk rata dan masak semur ayam dengan api kecil selama beberapa saat agar bumbu meresap dengan baik.
  6. Setelah semur ayam matang, angkat dan sajikan selagi hangat. Hidangkan semur ayam dengan nasi putih hangat atau lontong untuk hasil yang lebih lezat.

Bumbu masako ajinomoto dapat ditambahkan ke dalam semur ayam untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan lezat pada hidangan. Tambahkan bumbu masako ajinomoto secukupnya sesuai dengan selera Anda saat memasak semur ayam. Bumbu ini akan memberikan sentuhan rasa yang khas dan memperkaya cita rasa semur ayam yang Anda buat.

Semur ayam manis, pekat, dan nikmat ini dapat disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau bahkan untuk hidangan sehari-hari. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bahan pelengkap seperti telur rebus, kentang goreng, atau acar untuk menyempurnakan hidangan semur ayam ini.

Selamat mencoba resep membuat semur ayam manis, pekat, dan nikmat ini. Nikmati kelezatan hidangan Indonesia yang klasik dan lezat bersama keluarga tercinta. Sajikan semur ayam sebagai hidangan spesial yang menggugah selera dan selalu dinantikan.