February 3, 2023

Pilihan Anda

Portal berita pilihan anda untuk meraih mimpi menuju sukses

Tips untuk Anak Belajar Online Tanpa Kecanduan Gadget

Tips untuk Anak Belajar Online Tanpa Kecanduan Gadget

Takut anak Kecanduan gadget ketika belajar daring? Tenang ada banyak cara agar anak fokus belajar tanpa bunda takut lagi. Di era pandemi sekolahan pun diajarkan online. Media yang dipakai gadget. Jika anak usia dewasa sudah pasti bisa mengontrol diri namun jika anak usia SD atau TK susah untuk dikendalikan.

Apa ada cara terbaik agar anak bisa tetap belajar daring namun tidak kecanduan gadget?  Ada beberapa tip yang bisa bunda terapkan. Dan berikut rangkuman tip yang bisa bunda terapkan untuk mendidik buah hati. Semoga bermanfaat.

Tip Belajar online tanpa takut kecanduan Hp

Susah juga ya, bunda kalau melarang anak pakai Hp di zaman sekarang. Karena di era pandemi pemerintah justru mewajibkan belajar pakai Hp atau gadget. Kita tidak bisa melarang tapi minimal kita bisa mendidik anak agar lebih baik lagi. Begini caranya, bunda.

  1. Berikan kebebasan

Kebebasan di sini bukan tanpa batas ya, bunda. Bebas di sini artinya bunda berikan jadwal bermain anak pada waktu tertentu. Sehingga anak memahami jadwal dan mana yang lebih baik.

Biarkan anak bermain sesuai hobi dan keinginannya, namun orang tua pastikan bahwa permainan itu bukan yang membawa dampak buruk. Berikan kebebasan anak bermain dengan permainan yang disukai.

  1. Dorongan dan semangat

Ajarkan anak untuk semangat dan berikan dorongan untuk bermain dengan gadget namun pastikan permainan yang dia mainkan bukan yang berbahaya. Jangan lupa dampingi anak ketika bermain. Dengan cara ini bunda bisa menjadi kawannya bukan orang tuanya ketika mendampingi.

  1. Ajak aktivitas fisik

Jangan Cuma fokus pada permainan online dengan media gadget. Bunda harus bisa memahami dunia anak, maka luangkan waktu untuk mengajak anak bermain fisik. Misalnya petak umpet, atau aktivitas lainnya.

Bagi waktu jadi dua, bund. Pertama permainan dengan gadget di pagi hari kedua permainan fisik di sore hari. Nah, dengan menyeimbangkan keduanya diharapkan anak akan paham bahwa permainan bukan Cuma dengan Hp saja.

  1. Beri knowledge

Sebagai contoh anak bunda usia 5 tahun, sebenarnya dia sudah bisa memahami penjelasan. Coba bunda berikan penjelasan seputar gadget dan bahayanya namun jangan menggurui. Caranya bagaimana? Cari film pendek atau film anak di YouTube yang bisa jadi bahan ajar.

Dengan seperti ini mengajari anak jadi lebih mudah dan menyenangkan. Bunda, jika mampu bisa berkreasi sendiri membuat aplikasi atau gambar yang bisa dijadikan bahan menerangkan.

Nah, itulah beberapa tip yang bisa kami berikan saat ini. Jika bunda ada tip lain yang bisa dishare, mari kita berbagi. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa lagi.